Akomodasi Materi Pembelajaran di Kelas Inklusif
Hambatan penglihatan :
- Ditulis dalam huruf Braille
- Disajikan dalam format auditif (MP3, MP4, Kaset, CD, Daisy, dll).
- Tidak semua materi dapat disajikan dalam bentuk Braille (timbul) dan auditif, sehingga bisa saling melengkapi.
Hambatan Pendengaran:
- Disajikan dengan visual yang menarik terutama dalam pembentukan konsep yang berurutan.
- Hindarkan kata-kata yang belum dikenal siswa, kecuali untuk menambah kekayaan bahasa mereka
- Pertanyaan/soal hendaknya ringkas) pendek tetapi cukup representatif
- Komunikasi total.
Hambatan intelektual:
- Sederhana
- Konkrit
- Dimulai dari yang mudah
- Bermakna
- Fungsional
- Sederhana
- Memecah materi dalam unit kecil
Gangguan emosi dan perilaku:
- Pengemasan materi dengan menarik
- Panduan yang jelas untuk semua aktivitas belajar
- Terintegrasi dengan konsteks keterampilan sosial
Gifted/Talented:
- Memungkinkan pengayaan materi (enrichment) secara vertikal maupun horizontal).
0 Response to "Akomodasi Materi Pembelajaran di Kelas Inklusif"
Posting Komentar