Akomodasi Materi Pembelajaran di Kelas Inklusif

Hambatan penglihatan : 
- Ditulis dalam huruf Braille
- Disajikan dalam format auditif (MP3, MP4, Kaset, CD, Daisy, dll).
- Tidak semua materi dapat disajikan dalam bentuk Braille (timbul) dan auditif, sehingga bisa saling melengkapi.


Hambatan Pendengaran:
- Disajikan dengan visual yang menarik terutama dalam pembentukan konsep yang berurutan.
- Hindarkan kata-kata yang belum dikenal siswa, kecuali untuk menambah kekayaan bahasa mereka 
- Pertanyaan/soal hendaknya ringkas) pendek tetapi cukup representatif 
- Komunikasi total.


Hambatan intelektual:
- Sederhana
- Konkrit
- Dimulai dari yang mudah
- Bermakna
- Fungsional
- Sederhana
- Memecah materi dalam unit kecil

Gangguan emosi dan perilaku:
- Pengemasan materi dengan menarik
- Panduan yang jelas untuk semua aktivitas belajar
- Terintegrasi dengan konsteks keterampilan sosial

Gifted/Talented:
- Memungkinkan pengayaan materi (enrichment) secara vertikal maupun horizontal).

0 Response to "Akomodasi Materi Pembelajaran di Kelas Inklusif"

Posting Komentar