Susah dan Senangnya Menjadi Operator Sekolah dan Prospek Pekerjaan Operator Sekolah Ke Depan

Sahabat Operator Sekolah yang berbahagia... Adakah di antara Anda berpikir apa sih enaknya jadi operator sekolah itu?, bagaimana prospek ke depannya sebagai operator sekolah itu? Ini tentu pertanyaan wajar, dan untuk saya sendiri juga terkadang terlintas pertanyaan yang sama. Lalu apa saja enaknya jadi operator sekolah itu? Sebelum saya mengulas apa enaknya jadi operator sekolah akan coba saya uraikan dulu apa saja yang membuat operator sekolah jadi tidak enak ataupun susahnya sebagai berikut:

1.   Operator sekolah seringkali kerja lembur karena pekerjaan yang menumpuk yang tidak dapat diselesaikan dalam satu waktu.
2.   Operator sekolah seringkali jadi sasaran minimal pertanyaan dari kepala sekolah maupun guru apabila terdapat data sekolah, guru, peserta didik, dan data lain yang belum valid.
3.   Operator sekolah seringkali kesulitan melakukan sinkronisasi sehingga harus pergi ke suatu tempat yang tersedia jaringan internet yang lancar.
4.   Operator sekolah seringkali stress karena banyak memikirkan resiko yang tidak-tidak misalnya, jika data sertifikasi guru tidak valid bagaimana? Jika dana BOS tidak cair bagaimana? Dan pertanyaan-pertanyaan yang mengkhawatirkan lainnya.
5.   Operator sekolah seringkali mendapatkan imbalan yang tidak setimpal dengan kerja kerasnya.


Senangnya atau enaknya jadi operator sekolah di antaranya adalah sebagai berikut:

1.   Lebih up to date dalam mengetahui informasi-informasi seputar pendidikan khususnya yang terkait dengan Dapodik dan informasi data sekolah lainnya.
2.   Operator sekolah dari waktu ke waktu penguasaan dalam pemanfaatan sarana teknologi dan informasi semakin meningkat karena seringkali menggunakan laptop dalam bekerja dan seringkali mendapatkan tantangan yang harus dilakukan sendiri oleh operator seperti editing gambar untuk cetak photo siswa maupun guru, kebiasaan mengetik dengan teliti di aplikasi Dapodik sehingga semakin lama maka kemampuan operator sekolah dalam mengolah data dengan menggunakan komputer akan semakin meningkat pula.
3.   Mengetahui data rincian dari setiap entitas data yang diisikan pada aplikasi Dapodik mulai dari data sekolah, guru, tenaga kependidikan, peserta didik, dan lain sebagainya yang semuanya harus diinput di aplikasi Dapodik oleh operator sekolah sehingga rasa memiliki pada pendidikan di satuan pendidikannya semakin lama akan semakin kuat dan mengakar.
4.   Terbiasa bekerja ikhlas karena banyak hal yang terkadang tidak dihitung lembur dan sebagainya.
5.   Memiliki jaringan pertemanan yang luas khususnya antar operator di lain daerah yang saling membantu mengatasi beberapa permasalah yang terjadi khususnya terkait dengan proses input data maupun dalam proses perbaikan data yang sudah dimasukkan di aplikasi Dapodik.

Kemudian apa sih prospek depannya sebagai operator sekolah? Tentu kalau bicara prospek ke depan, operator sekolah juga akan mendapatkan tempat yang strategis dalam pendidikan di masa depan, ini sudah mulai terlihat jelas sekarang, di mana hampir semua hal terkait dengan sekolah yang sifatnya online mayoritas melibatkan operator sekolah masing-masing. Hanya saja memang saat ini belum ada kejelasan yang pasti tentang masa depan operator sekolah, akan tetapi dari peran yang strategis saat ini dan selanjutnya, saya yakin bahwasannya operato sekolah akan menjadi sebuah profesi yang tersendiri dalam lingkungan sekolah. Prediksi saya ini bukan bertendensi pada harapan saya akan tetapi berdasarkan kajian historis yang mana sampai dengan saat ini peran operator sekolah benar-benar merupakan satu pekerjaan penting yang harus ditangani dengan profesional.

Dari beberapa susah dan senangnya sebagai operator sekolah seperti yang sudah saya ulas di atas tentu tidak mutlak semuanya terjadi pada setiap operator sekolah dan tentu sebagiannya merasakan yang lebih dari yang sudah saya ungkapkan atau mungkin bahkan jauh lebih susah dan lebih senang lagi. Oleh karena itu, silahkan share pengalaman, kesan dan pesan Anda sebagai operator sekolah pada kolom komentar yang tersedia di bawah ini. Semoga bermanfaat... Salam selalu senang berbagi...!

0 Response to "Susah dan Senangnya Menjadi Operator Sekolah dan Prospek Pekerjaan Operator Sekolah Ke Depan"

Posting Komentar